Mengenai Saya

Foto saya
Assalamu'alaikum! 10/05/2022, Blog ini saya insya Allah diaktifkan kembali untuk berdakwah menyebarkan kebaikan dan hal-hal yang positif lainnya. Semoga bisa Istiqomah dalam mengupdate nya dan menjadi amal jariah.

INFO PENTING

BLOG INI TELAH MENGALAMI PENYATUAN DENGAN BLOG-BLOG LAIN, CHECK UPDATE AN TERBARU NYA DI http://coretanhidoep.blogspot.com/

Jumat, 15 Oktober 2010

Punya Siapa ya?


Hai Hai sobat semua apa kabar? Kali ini kita akan membahas kosakata Indonesia yang belakangnya memakai nama Negara lain. Misalnya nangka belanda, Kunci Inggris, dll dll. Apakah itu memang milik Negara tersebut atau ada secoret kisah lain mengapa namanya bisa demikian. Kita hanya membahas bahasan santai aja gan, membahas tentang namanya, sedangkan manfaatnya secara ringkas dan sederhana saja.

Gak usah panjang-panjang gan, check aja hasil investigasi ane pada beberapa kosakata :



1. Nangka Belanda / Sirsak


 Buah satu ini murni bukan dari belanda gan, tapi dari Indonesia asli. Nama lainnya adalah Sirsak, asal usulnya adalah diambil dari bahasa belanda Zuur zack (artinya kantong-asem) jadi begitu si Belanda menemukan buah ini, karena bentuk buah ini seperti kantong dan berwarna Asem mereka menyebutnya si Kantong Asem atau Zuur zack. Orang Indonesia menyebut dengan dialek “Sirsak”. Manfaat nya antara lain yang paling terkenal adalah Anti Kanker/ Tumor. Ebaat nih buah..

2. Terong Belanda


Terong ini bukan punya Indonesia bukan juga punya belanda gan tapi berasal dari Amerika Latin gan. Lalu mengapa namanya bisa jadi Terong Belanda ya?? Usut punya usut ternyata Belanda yang pertama kali menanamnya atau mengembangbiakkannya di Indonesia gan.  Manfaat buah ini banyak mengandung vitamin A dan C

3. Cuka Belanda


Wah ini belum jelas asal-usulnya darimana gan. Karena 400 SM masehi cuka ini udah ditemukan, ane udah cari tapi gak dapet sumber pertama kali nih cuka dibuat. Menurut KBBI Cuka Belanda adalah Cuka yang didapat dari proses hasil Kimia. Jadi untuk sementara waktu yang Pasti Cuka ini bukan berasal dari Belanda. Manfaat cuka ini yang utama untuk Kebersihan dan Kesehatan.

4. Bawang Bombay

Ni Bawang asal usulnya dari Bombay gan, sekarang Mumbay. Mungkin udah bisa kita ganti namanya Bawang Mumbai. Asal Usulnya Pedagang dari sana datang ke Indonesia sambil membawa bawang ini. Manfaat bawang ini untuk antivirus gan selain untuk bumbu masakan.

5. Beluntas china

Beluntas ini berasal dari China dan Myanmar gan.  Di Indonesia terkenal juga dengan sebutan Daun Dewa karena daun ini terkenal dengan khasiat pengobatannya terutama Anti Kanker dan pengobatan lainnya.  Orang China menyebutnya samsit atau sangicao . ada juga penduduk local, Indonesia yang menyebut tanaman ini dengan tanaman “sambung nyawa”.

6. Bunga Kamboja


Klo bunga ini bukan berasal dari Kamboja gan tapi berasal dari Amerika Tengah. Penemunya Seorang Botanist Perancis namanya Charles Plumier (1646-1706). Untuk mengenang penemunya maka nama latin bunga ini memakai nama belakang sang penemunya. Khasiat bunga ini selain untuk hiasan juga bisa untuk pengobatan.

7. Lobak Jepang

Klo yang ini memang berasal dari Jepang gan, Orang Jepang menyebutnya Daikon. Dijepang Daikon banyak digunakan untuk masak-masakan Jepang separti salad, acar dll. Sepintas bentuknya Mirip Wortel, tapi masih enak wortel menurut ane. Lobak ini sering juga digunakan untuk pengobatan karena mengandung vitamin C.

8. Sandal Jepang


Klo sandal ini hampir tiap Negara punya sebutan yang berbeda, tapi yang pasti sandal udah digunakan dari sejak zaman dahulu kala, sejak zaman Mesir Kuno. Seperti kita ketahui, bahan membuat sandal sangat beraneka ragam, dari mulai kayu, karet, kain, plastic sampai kaca. Menurut Sumber yang ane baca, Sewaktu Perang Dunia ke 2 para prajurit Jepang membuat sandal dari ban bekas atau karet.  Jadi menurut kesimpulan Ane yang pertama kali membuat sandal dari karet adalah Prajurit Jepang. Klo yang membuat sandal dari kaca tanya aja ma Cinderella gan, dia kan punya sepatu kaca :D.

9. Kunci Inggris


Kunci Inggris yang unik gan sekaligus seram hihi. Walaupun kunci ini sangat terkenal dengan sebutan Kunci Inggris ternyata oh ternyata kunci ini bukan berasal dari sana kunci ini berasal dari Swedia, nama penemunya adalah Johan Petter Johanssen. Guna utamanya nya untuk Membuka atau Merapatkan Baut, guna lainnya buat mukulin orang yang bikin kesal, juga bisa nakutin orang klo kunci inggris nya seperti gambar. Wkwkwwkk

Sekian dulu gan, info dari ane. Wassalam, dan tetap mencoret!
Daftar Pustaka / seumber referensi artikel ini :

http://agusthiar.blogspot.com/2010/05/asal-usul-sandal-jepit.html

4 komentar:

  1. baru tau ane bg asal muasal namanya,,,
    nais inpo bg,,,

    BalasHapus
  2. @NOER, oke nur, keep spirit to read

    BalasHapus
  3. Tambahin satu lagi Jil:

    MIE ACEH!

    :D

    BalasHapus
  4. @citra, Mie Aceh kan contoh lokal Cit, kenapa gak Bika ambon aja, Mpek-Mpek Palembang hehehe

    BalasHapus